Hubungi Kami di: 022-202140,2019433

CMS dengan menggunakan WordPress

Pada  kesempatan  ini  saya  akan  mengangkat  sebuah  tema  “CMS”  yang  berjudul  “Wordpress”. Perkembangan teknologi akhir-akhir ini memang sangat pesat, terutama dalam dunia  pengembangan  website.  Content  Management  System  (CMS)  adalah  jawabannya, CMS adalah Sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para pengguna-nya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis atau bisa disebut newbie. Dengan demikian, setiap orang, dapat menggunakannya secara leluasa untuk membuat, menghapus atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari pihak webmaster.

Pemanfaatan CMS dapat digunakan untuk berbagai macam diantaranya :

a.  Mengelola website pribadi atau lebih dikenal dengan blog

b.  Mengelola website perusahaan/bisnis.

c.  Portal atau website komunitas.

d.  Galeri foto, dan lain sebagainya.

e.  Forum

f.  Aplikasi E-Commerce. dll.

Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar, maupun dalam format-format  lain  yang  perlu  dikelola  dengan  tujuan  memudahkan  pembuatan, pembaharuan,  distribusi,  pencarian,  analisis,  dan  meningkatkan  fleksibilitas  untuk ditranformasikan  dalam  bentuk  lain.  Secara  umum,  arsitektur  CMS  digambarkan  seperti gambar di bawah.

cms wordpress 1

Sebuah  CMS  dapat  melakukan  berbagai  tugas  yang  berbeda  untuk  sebuah  web diantaranya mengatur kapan konten akan ditampilkan, berapa kali konten ditampilkan untuk pengguna  tertentu,  dan  mengatur  bagaimana  konten  menghubungkan  atau  berinteraksi dengan elemen lain dari website tersebut.  Keuntungan  menggunakan  CMS  adalah  menjaga  website  terorganisasi  dengan  baik dan  komprehensif,  mengurangi  biaya  pemeliharaan  website  tersebut,  dan  meningkatkan keamanan  data.  Ada  beberapa  CMS  yang  populer  yang  bisa  kita  manfaatkan  sesuai kebutuhan. Diantara banyaknya CMS yang populer adalah CMS WordPress. WordPress merupakan salah satu engine blog maupun web  yang paling populer.  Dengan  menggunakan  WordPress,  kita  dapat  membuat  sebuah blog  atau  web  yang  dapat  kita  manfaatkan  secara  komersial.  Jika  kita telah  terbiasa  menulis,  tak  ada  salahnya  untuk  mencoba  memanfaatkan fasilitas blog gratis dari WordPress.  WordPress  muncul  pertama  kali  di  tahun  2003  hasil  kerja  keras  Matt  Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan  tampilan  yang  menarik,  adalah  juga  karena  dukungan  komunitas  terhadap  perangkat lunak sumber terbuka untuk blog. Satu hal lagi yang luar biasa, karena WordPress merupakan CMS  berbasis  Open  Source  yang  dapat  kita  download  secara  gratis  dan  kemudian  kita jadikan sebagai platform untuk pembuatan situs web. WordPress  menyediakan  dua  alamat  yang  berbeda,  yaitu  WordPress.com  dan WordPress.org.  WordPress.com  merupakan  situs  layanan  blog  yang  menggunakan  mesin WordPress,  didirikan  oleh  perusahaan  Automattic.  Dengan  mendaftar  pada  situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit.  Ada banyak bukti kuat kenapa kita memanfaatkan produk Matt Mullenweg ini.

1.  WordPress  merupakan  Market  Share  Terbesar  mengalahkan  Joomla,  Drupal, vBulletin, bahkan Blogger.

2.  Gratis. Untuk mendapatkan perangkat lunak WordPress hanya perlu mengunduh dari situsnya tanpa dipungut biaya, bahkan untuk blog komersial sekalipun.

3.  WordPress  digunakan  oleh  lebih  dari  27  publisher  internet  dan  ini  akan  semakin bertambah seiring penetrasi internet yang semakin tinggi.

4.  Pengoperasiannya mudah.

5.  Templat  atau  desain  tampilannya  mudah  dimodifikasi  sesuai  keinginan  pengguna. Sehingga  apabila  pengguna  memiliki  pengetahuan  HTML  yang  memadai,  maka pengguna  tersebut  dapat  berkreasi  membuat  template  sendiri.  Pengguna  yang  tidak mengerti  HTML,  tentu  saja  masih  dapat  memilih  ribuan  template  yang  tersedia  di internet secara bebas, yang tentu saja gratis.

6.  Satu blog WordPress, dapat digunakan untuk banyak pengguna (multi user).

7.  WordPress  sangat  bersahabat  dengan  Search  Engine  Google,  karena  faktanya  blog maupun web yang menggunakan CMS dari WordPress mempunyai nilai indeks yang tinggi  di  Google.  Terakhir  adalah  dukungan  yang  sangat  banyak  dari  developer-developer seluruh dunia. Berikut adalah gambar tampilan Dashboard WordPress.

cms wordpress 2

Salah  satu  senjata  utama  WordPress  menjadi  yang  terbaik  adalah  Dashboard.

Dashboard inilah yang menjadi pusat kegiatan pengelolaan konten-konten di WordPress. Beberapa fitur yang perlu kita ketahui dari CMS WordPress diantaranya :

  • Mengenal Dashboard

Digunakan untuk mengatur isi konten, seperti menulis tulisan baru, mengatur widget,

menambahkan  plug-in,  merombak  template  atau  tema  situs  dan  juga  pengelolaan

utama lain yang meliputi konfigurasi umum situs.

  • Memposting Artikel

Melalui  dashboard,  kita  akan  mencoba  memposting  sebuah  artikel.  Sebuah  artikel

dapat berupa teks saja, teks dan gambar, teks dan video, ataupun penggabungan antara

teks, gambar, maupun video.

  • Membuat Halaman Baru

Umumnya  halaman  pada  WordPress  diisi  dengan  data-data  pemilik  web  atau  blog.

Maupun  informasi  lain  yang  sifatnya  memberikan  suatu  kejelasan  dan  informasi

kepada pengunjung.

  • Eksplorasi Menu Appearance

WordPress memungkinkan situs untuk dibuat lebih menarik dengan mengganti tema-

tema baru yang sebelumnya telah kita download via internet.

 

Author : Rifqi Mulyadi (113040384)

Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Unpas

 

Incoming search terms:

  • lambang pranata distribusi ekonomi
  • portal unpas menggunakan CMS
  • cms website kampus
  • industri yang menggunakan cms
  • hubungan wordpress dengan CMS
  • hubungan CMS dengan wordpress
  • hubungan antara wordpress dan cms
  • download cms website kampus
  • web universitas yg menggunakan wordpress
  • download cms akademik gratis
Leave a Reply

Alamat Kampus

Kampus I
Jl. Lengkong Besar No. 68
Telp: 022-4205945, 4262226
Kampus II
Jl. Tamansari No. 6-8
Telp: 022-4201677 Fax: 022-4236182
Kampus III
Jl. Wartawan IV No. 22
Telp: 022-7303049
Kampus IV
Jl. Dr. Setiabudi No. 193
Phone: 022-2021440, 2019433, Fax: 022-2009267
Kampus V
Jl. Sumatera No. 41
Phone: 022-4221651

Hubungi Kami

Website: http://unpas.ac.id
Email: humas[at]unpas.ac.id
rektorat[at]unpas.ac.id

Follow us @

Universitas Pasundan Bandung