Universitas Pasundan Bandung (UNPAS) berdiri sejak tanggal 14 November 1960. UNPAS telah tumbuh dan berkembang menjadi sebuah Universitas terkemuka dan menjadi kebanggaan masyarakat, terbukti dari jumlah mahasiswa yang saat ini terbesar dilingkungan Kopertis Wilayah IV.

Mahasiswa UNPAS bukan saja berasal dari 33 Provinsi yang ada di Indonesia tetapi juga dari mahasiswa asing negara-negara sahabat, seperti Thailand, Singapura, Somalia, Hunggaria, Polandia, Taiwan, Turki, Korea Selatan, Malaysia, Kanada, Timor Leste, Uzbekistan, Jerman, Jepang, China, Tajikstan, Estonia, Yunani, Spanyol, Lithuania, Australia dan Kirgistan. Sampai saat ini Universitas Pasundan memiliki 7 Fakultas, 25 Program Studi S1, 7 Program Studi Pascasarjana (S2) dan 3 Program Doktor (S3).

Jumlah Mahasiswa yang besar merupakan bentuk kepercayaan dari Masyarakat. Hal itu terbukti melalui survei majalah Tempo 2005 maupun Kompas 2006 Universitas Pasundan masuk dalam 3 besar Perguruan Tinggi terfavorit di Kota Bandung.

Selanjutnya pada tahun 2007, majalah SWA melakukan survey dan melakukan survey dan menyatakan bahwa Universitas Pasundan masuk dalam 4 Perguruan Tinggi terbaik Akreditasinya se-Jawa serta 25 Perguruan Tinggi terfavorit se-Jawa.

Bukan hanya jumlah yang besar, mahasiswa Unpas dalam bherbagai kegiatan ternyata mampu menghasilkan prestasi yang dapat membanggakan Indonesia baik di dalam negeri maupun luar negeri pada kegiatan-kegiatan ilmiah, olah raga, seni, teknologi maupun aktivitas masyarakat lainnya. Dalam bidang olah raga, mahasiwa Unpas pernah mengukir prestasi dalam kejuaraan tingkat dunia (antara lain The world Alpinis Championship di Amerika Serikat, The International Taekwondo Bronze Medal in 25th Sea Games Laos Vientiane 2009) dan juara nominasi Terbaik Gokart Indonesia 2009.

Pengelolaan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, disebagian besar program studi telah menvcapai tingkat efesiensi internal yang baik. Indikator yang diraih 14 Program Studi telah terakreditasi dengan peringkat “A” dari BAN-PT Sedangkan keberadaan Satuan penjamin Mutu Internal (SPMI) Unpas telah mendapat penghargaan keberhasilan implementasi Sistem Penjamin Mutub Internal Perguruan Tinggi dari Dirjen Dikti Kemendiknas, pada tahun 2008.

Untuk menjalin jejaring dan pelaksanaan On Campus Unpas memiliki infrastruktur Video Conference/ Teleconference yang telah teruji mengikuti program-program Teleconference dari Dikti dan instansi lainnyadalam rangka Online Distance Learning.

Sementara itu tingkat pengakuan dan kepercayaan dari masyarakat terus meningkat baik tingkat Nasional maupun Internasional. Hal ini dibuktikan diantaranya Unpas Tahun 2007 termasuk 50 Perguruan Tinggi yang menjanjikan di Indonesia (50 Promising Indonesia Universities), dan 80 Perguruan Tinggi berbasis kesehatan organisai dandaya saing bangsa. Sedangkan kepercayaan dari dunia Internasional, Unpas dipercaya melaksanakan The Communityb Enpowerment Program dari JICA, serta pada tahun2008 diberikan kepercayaan untuk mengadakan pendidikan bahasa Mandarin yang bekerjasama dengan Hebei Normal University P. R. China, dan menempatkan 8 orang Dosen Asing (7 Organg dari China dan 1 orang dari Kprea Selatan).

Selanjutnya Program Jint degree antara Guangxi Normal University P.R. China dengan Unpas telah dimulai sejak tahun2010, sedangkan Kelas Internasional telah dibuka sejak tahun akademik 2012/2013 melalui beasiswa unggulan.

Untuk fasilitas kampus unpas tersedia asrama bagi mahasiswa, yang berlokasi di kampus IV Jl. Dr. Setiabudhi No. 193 Bandung.

Kegiatan akademik dilaksanakan oleh dosen berpegalaman. Data per Agustus 2013 Universitas Pasundan memiliki 416 orang dosen terdiri dari Guru Besar/ Profesorsebanyak 35 orang, S-3/Doktor sebanyak 137 Orang, S-2/Magister sebanyak 248 orang, S-1 sebanyak 31 orang (dalam proses studi lanjut S-2) para dosen tersebut merupakan lulusan Perguruan Tinggi dalam dan Luar Negeri. Pada tahun 2009UNPAS mendapat hibah untuk promosi perguruan tinggi tingkat Internasionalmelalui QS Stars dan pada tahun 2012memperoleh penghargaan Bintang Tiga “Rated for Exellence” untuk Employability dan Teaching serta Bintang Dua untuk Internalization.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada Mahasiswa asing sejak tahun 2010/2011 Unpas mendirikan International Office (Divisi Kerjasama Internasional) yang mengurus/mengelola mahasiswa asing dan kerjasama internasional.