Social Media (Media Sosial) merupakan media online yang sangat pepuler saat sekarang ini. Media sosial sekarang sudah mulai menabrak batasan umur, gender maupun tingkatan sosial. Saat ini, media sosial memudahkan penggunanya untuk berpartisipasi dengan pengguna yang lain di belahan dunia manapun. Dalam situs www.wikipedia.org menyebutkan bahwa Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
Salah satu media sosial yang paling populer dikalangan pengguna internet adalah situs jejaring sosial seperti Facebook, twitter, myspace, plurk dan Google+. Situs www.wikipedia.org mengartikan jejaring sosial sebagai situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan komunikasi.
Jejaring sosial saat ini termasuk salah satu media sosial yang perkembangannya sangat pesat, karena untuk mengakses facebook atau twitter orang tidak lagi harus menggunakan PC ataupun laptop, cukup dengan menggunakan mobile phone orang dapat mengakses jejaring sosial dimanasaja dan kapan saja.
Salah satu jejaring sosial yang paling banyak diakses oleng pengguna di seluruh dunia adalah Facebook. Facebook merupakan jejaring sosial yang diluncurkan pada februari 2004 yang didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama temannya Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Facebook mempunya fitur untuk membuat profil pribadi dan informasi-informasi pribadi. Para penggunanya bisa saling berinteraksi satu sama lain melalui fitur Chat ataupun fitur message. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan oleh pengguna, facebook memberikan fitur privasi bagi penggunanya untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat bagian-bagian tertentu dari akun facebook penggunanya.
Situs www.kompas.com memberitakan bahwa pengguna Facebook di indonesia mencapai 43,06 juta orang satu tingkat di bawah India yang mencapai 43,50 juta orang. Berdasarkan data itulah saat ini facebook tidak hanya digunakan sebagai sosialisasi antar teman di dunia maya, sebagian kalangan menggunakan facebook sebagai sarana menciptakan peluang bisnis. Keberhasilan facebook menjadi jejaring sosial yang paling diminati warga dunia bukan tanpa kritik dan kontroversi. Di beberapa negara facebook sempat di blokir dengan alasan yang macam-macam, salah satu alasan yang paling banyak mengemuka adalah faktor konten-kontennya yang dianggap mengizinkan diskriminasi agama dan anti Islam. Selain itu, facebook juga sempat di permasalahkan oleh beberapa perkantoran, sekolah, dan universitas karena dianggap membuang-buang waktu dan membuat orang jd tidak produktif.
Sebagian besar pengguna facebook menggunakan akunnya untuk berbagi data pribadi dan kabar terbaru tentang dirinya ke seluruh belahan dunia manapun sesama pengguna facebook. Banyak diantaranya yang meluangkan waktunya untuk mengakses facebook setiap hari melebihi jam produktif nya, hal ini yang membuat facebook terkesan menjadi mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Dampak- dampak negatif pun mulai terlihat akibat terlalu seringnya orang mengakses facebook.
Salah satu dampak negatif yang mulai terlihat adalah membuat orang seolah menjadi “selebriti” yang selalu ingin di lihat dan dikuti setiap kegiatan dan hal-hal pribadinya. Selain itu, facebook ternyata bisa membuat penggunanya terobsesi. Situs www.detik.com memberitakan bahwa saking terobsesinya terhadap facebook sepasang suami istri memberikan nama kepada anaknya yang baru lahir dengan sebutan ‘Like’. Like adalah salah satu fitur di Facebook untuk menandai bahwa seseorang menyukai komentar, link atau foto tertentu.
Facebook bagai pisau bermata dua, jika tidak bisa menggunakannya dengan baik maka tidak menutup kemungkinan facebook akan menjadi boomerang bagi diri sendiri. Hendaknya pengguna bisa memilah-milah hal-hal yang akan dibagikan ke khalayak ramai.
Dampak negatif dari facebook tidak menutup hal-hal positif dari penggunaan facebook, karena pada dasarnya facebook dibuat untuk sesuatu yang positif. Facebook digunakan untuk komunikasi jarak jauh, hendaknya bisa digunakan untuk hal-hal yang positif, seperti pertukaran informasi dan juga sebagai media pembelajaran, atau bahkan digunakan sebagai peluang bisnis. Tetapi satu hal yang harus di perhatikan, penggunaan Facebook harus disesuaikan dengan waktu produktif kita, jangan sampai penggunaan facebook menghalangi kita melakukan pekerjaan yang ada.
Author : Muhammad Lukman Hakim (103040230)
Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Unpas