BANDUNG, unpas.ac.id – Ilustrasi fotografi digital dalam perancangan komunikasi visual telah menjadi elemen penting. Ilustrasi fotografi digital tersebut dapat menyampaikan pesan atau informasi dengan cara yang inovatif.
Dosen Prodi Desain Komunikasi Visual Universitas Pasundan Drs. Agus Setiawan M.Sn menyampaikan teknologi mendukung dalam berkarya rupa. Menurutnya setiap karya adalah teks yang berwujud auditif, visual, maupun auditif visual.
Drs. Agus mengatakan konteksnya bahwa karya seni berkomunikasi dengan subjek/audience melalui panca indranya, dari situ baru dikenali pengalamannya, pikirannya, perasaannya, bawah sadarnya.
“Karya bagus belum tentu menarik, karya menarik belum tentu baik, karya yang baik pun belum tentu tepat sasaran, berujung karya yang sia-sia, sebuah karya yang bisu tanpa cerita,” katanya beberapa waktu lalu dalam Webinar Nasional “Transformasi Digital Fotografi: Inovasi Visual untuk Desain dan Bisnis”.
Ada lima hal yang disampaikan Drs. Agus dalam inovasi berkarya. Pertama, vision yaitu gambaran besar yang ideal yang ingin diwujudkan. Kedua, idea yaitu gagasan/rancangan yang ada didalam pikiran. Ketiga, creativity yaitu kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru, ada keberanian untuk melakukan eksperimen kreatif. Keempat, process yaitu pengolahan yang menghasilkan karya yang diinginkan. Kelima, inspiration yaitu ide-ide gila, spontanitas, bisa juga terinspirasi dari sesuatu yang pernah dilihatnya/dialaminya.
“Jadilah seorang yang berani bereksperimen kreatif, keluar dari alam pikiran pada umumnya untuk mengolah karyanya. Sehingga akan terwujud sebuah karya yang tampil beda atau unik dan memiliki nilai baru,” pesan Drs. Agus (Rani)
