BANDUNG, unpas.ac.id – Dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-65 Universitas Pasundan (Unpas), BIENSI Campus Roadshow 2025 digelar di Aula Mandala Saba Ir. H. Djuanda, Gedung Rektorat Kampus II Unpas Tamansari, Rabu (5/11/2025). Chief Marketing Officer (CMO) BIENSI, Ignasius Untung dalam kegiatan ini membagikan wawasan tentang Business & Content Marketing Strategy kepada mahasiswa.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, SDM, dan Sistem Informasi Unpas Prof. Dr. Ir. H. Yudi Garnida, M.P., Wakil Rektor Bidang Penelitian, Inovasi, PPM, Kewiraswastaan, Kerjasama, dan Dana Usaha Unpas Prof. Dr. H. M. Budiana, S.IP., M.Si., serta perwakilan Dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Wakil Rektor Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan, Alumni, Agama, dan Budaya Unpas Prof. Dr. Cartono, S.Pd., M.Pd., M.T. dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan Dies Natalis ke-65 menjadi momentum penting bagi Unpas untuk terus berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
Prof. Cartono menekankan pentingnya mahasiswa untuk mengasah kompetensi tidak hanya di ruang kuliah, tetapi juga melalui kegiatan organisasi, kemahasiswaan, dan aktivitas di luar kampus.
“Banyak kompetensi tambahan justru didapatkan di luar bangku kuliah. Untuk itu, kami mendorong mahasiswa agar aktif mengembangkan soft skill dan membangun jejaring. Tugas Anda adalah tidak pernah lelah, tidak pernah puas diri, dan terus memantaskan diri sebagai pribadi yang siap memperoleh amanah,” pesan Prof. Cartono kepada para mahasiswa.
Relevansi Adalah Kunci dalam Bisnis dan Marketing

Sementara itu, Ignasius Untung membagikan pengalaman dan strategi dalam menghadapi tantangan dunia bisnis dan pemasaran digital masa kini. Ia menekankan bahwa dunia industri saat ini menuntut relevansi antara produk, konten, dan kebutuhan konsumen.
“Kami senang bisa berbagi dan berdiskusi di Unpas. Tujuan kami bukan hanya memberi materi, tapi saling bertukar pikiran. Di dunia marketing, tidak ada rumus pasti kenapa sesuatu bisa viral. Yang penting adalah relevansi, karena hanya yang relevan yang akan dilirik,” ungkap Ignasius.
Ia juga menjelaskan bahwa relevansi menjadi kunci dalam menciptakan produk, menentukan segmen pasar, menyusun pesan komunikasi, memilih saluran penjualan, hingga menentukan waktu yang tepat menjangkau pelanggan.

Selain sesi materi, peserta juga dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan sepuluh orang dan dalam sepuluh orang tersebut akan dibagi dua menjadi Group Content dan Group Business.
- Group Content berfokus pada pemilihan produk dan ide konten kreatif.
- Group Business mendiskusikan strategi bisnis dan penerapan ide konten yang telah dibahas.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa Unpas diharapkan tidak hanya memahami teori bisnis dan marketing, tetapi juga mampu mengaplikasikannya secara nyata di lapangan.
Kegiatan BIENSI Campus Roadshow 2025 ini menjadi ruang kolaborasi antara dunia akademik dan industri. Melalui pendekatan interaktif dan praktis, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengasah kemampuan berpikir strategis, kreatif, dan relevan dengan kebutuhan pasar kerja. (Rani)
