BANDUNG, unpas.ac.id – Perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia tidak terlepas dari peran generasi muda sebagai gudang kreativitas.
Lewat kegiatan entrepreneurship, generasi muda diharapkan dapat menjadi sumber daya produktif yang mampu mendorong laju perekonomian.
Generasi muda yang menanamkan pola pikir wirausaha cenderung lebih mandiri, inovatif, kreatif, dan berjiwa leadership.
Sejalan dengan urgensi tersebut, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (Hima PKnH) Universitas Pasundan menyelenggarakan webinar bertajuk “Become a Young Entrepreneur and Creative in The New Normal Era”, Rabu (2/2/2022).

Sesuai tema yang diangkat, webinar ini bertujuan membangkitkan semangat pelaku usaha yang terdampak pandemi dan menyongsong era new normal.
Keterpurukan yang dialami selama merebaknya kasus Covid-19 memaksa mereka untuk segera beradaptasi agar tidak terjerumus ke dalam pusaran krisis ekonomi.
Untuk menjawab keresahan tersebut, Hima PKnH menghadirkan narasumber yang mumpuni di bidangnya, yaitu Asep Taryana Sujana (Pendamping UMKM Nasional, Accelerator Entrepreneurial Ecoystem, Dosen Sekolah Bisnis IPB), Agung Pratomo (CEO PT Toko Karya Digital), dan Ferry Ardiansyah (Ketua DPP Gekrafs, Founder DUMECA Group).

Ketua Umum Hima PKnH Periode 2021/2022 Amanda Navira menuturkan, memasuki era new normal, perlu ada upaya untuk kembali menumbuhkan jiwa dan motivasi para entrepreneur muda.
“Kami harap, kegiatan ini dapat menunjang kemajuan ekonomi kreatif demi mewujudkan kesejahteraan bersama. Apalagi, di era transformasi digital, manusia dituntut untuk bisa berdampingan dengan teknologi,” katanya.
Menurutnya, generasi muda jadi ujung tombak dalam meningkatkan kualitas SDM dan memenuhi indikator pembangunan nasional melalui pemberdayaan ekonomi kreatif.

“Sangat penting bagi generasi muda untuk memulai bisnis di tengah beratnya persaingan dunia kerja. Masing-masing narasumber menyampaikan hal yang tentunya dapat dijadikan bekal untuk menciptakan inovasi guna menghadapi tantangan di era Indonesia emas,” ujarnya. (Reta)*