(022) 2021440
humas@unpas.ac.id
  • Arsip
    • AIPT
    • Laporan Rektor
    • Laporan Audit
  • Mitra
  • Kerjasama
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
  • Alumni
  • Berita
  • Pengumuman
  • Kemahasiswaan
  • Indonesia
    • English
  • BERANDA
  • PENDAFTARAN
  • UNIVERSITAS
    • Prakata
    • Visi Misi
    • Identitas Visual
    • Akreditasi
    • Unit Kerja
    • Daya Saing
  • PROGRAM STUDI
    • Program Sarjana (S1)
      • Fakultas Hukum
        • Ilmu Hukum
      • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
        • Ilmu Administrasi Publik
        • Ilmu Kesejahteraan Sosial
        • Ilmu Hubungan Internasional
        • Ilmu Administrasi Bisnis
        • Ilmu Komunikasi
      • Fakultas Teknik
        • Teknik Industri
        • Teknologi Pangan
        • Teknik Mesin
        • Teknik Informatika
        • Teknik Lingkungan
        • Perencaan Wilayah dan Kota
      • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
        • Manajemen
        • Akuntansi
        • Ekonomi Pembangunan
      • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
        • Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan
        • Pend. Ekonomi
        • Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
        • Pend. Biologi
        • Pend. Matematika
        • Pend. Guru Sekolah Dasar
      • Fakultas Ilmu Seni dan Sastra
        • Desain Komunikasi Visual
        • Fotografi
        • Seni Musik
        • Sastra Inggris
      • Fakultas Kedokteran
        • Pend. Kedokteran
    • Program Magister (S2)
      • Magister Administrasi dan Kebijakan Publik
      • Magister Manajemen
      • Magister Teknik Industri
      • Magister Ilmu Hukum
      • Magister Teknik Pangan
      • Magister Pendidikan Matematika
      • Magister Teknik Mesin
      • Magister Ilmu Komunikasi
      • Magister Pend.Bahasa & Sastra Indonesia
      • Magister Kenotariatan
      • Magister Akuntansi
    • Program Doktor (S3)
      • Doktor Ilmu Sosial
      • Doktor Ilmu Manajemen
      • Doktor Ilmu Hukum
    • Program Profesi
      • Profesi Guru
      • Profesi Dokter
  • TRI DHARMA
    • Pendidikan
    • Pengabdian
    • Penelitian
      • Lembaga Penelitian
      • Simlitabmas Unpas
      • Panduan Penelitian
      • Jurnal Elektronik
      • Scopus Indexed Researchs
  • PRESTASI
    • Dosen
      • Lokal
      • Nasional
      • Internasional
      • Scopus Indexed Researchs
    • Mahasiswa
      • Lokal
      • Nasional
      • Internasional
  • LAYANAN
    • Akademik
      • Biro Administrasi Akademik
      • Aplikasi Akademik
      • Pustaka Digital
      • Aplikasi Perpustakaan
      • Kalender Akademik
    • Keuangan & Umum
      • Biro Keuangan
      • Biro Umum
      • Aplikasi Sarana Prasarana
      • Aplikasi Kepegawaian
      • Keuangan Mahasiswa
    • Kemahasiswaan
      • Biro Kemahasiswaan
      • Agenda Kegiatan
      • Tracer Study Alumni
      • Bursa Kerja Unpas
      • Beasiswa
      • Unit Kegiatan Mahasiswa
      • Asrama
      • Poliklinik
      • Akses Internet
      • Network Attach Storage

Pentingnya Mengelola Database Pelanggan Bagi Pelaku UMKM

Posted on Juni 16, 2022
Ilustrasi. (Gramedia)

BANDUNG, unpas.ac.id – Saat ini, pebisnis dihadapkan dengan era digital yang erat dengan kecanggihan teknologi. Selain memberikan pelayanan yang baik, pebisnis seharusnya sudah lebih native dalam memanfaatkan teknologi, terutama untuk mengelola database pelanggan.

Menurut Dosen Universitas Pasundan sekaligus Peneliti Ekonomi Akuntansi Digital Budi Septiawan, S.E., M.Ak., MIM., CMA., pengelolaan database seperti nama konsumen, nomor telepon, alamat rumah, hingga produk yang sering dibeli dapat meningkatkan transaksi penjualan.

Pada diri pelanggan, terdapat atribut data yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil keputusan bisnis. Lantas, bagaimana cara mengumpulkan data pelanggan, khususnya bagi pelaku UMKM yang belum dibantu sistem seperti point of sales (POS) atau mesin kasir?

Pertama, buatlah media sosial dan ciptakan konten semenarik mungkin agar banyak pelanggan yang terjaring. Konten tidak harus selalu tentang berjualan, bisa juga konten edukasi atau humor.

Kedua, pebisnis bisa membuat grup WhatsApp pelanggan untuk sesekali memasarkan produk atau memberikan promo.

Ketiga, membuat survei dengan aplikasi formulir online. Teknisnya, pebisnis bisa menyebarkan formulir via WhatsApp atau membuat QR code yang dipasang di gerobak jualan, kemudian meminta pelanggan untuk mengakses dan mengisi survei tentang produk yang ditawarkan.

“Mungkin tidak semua pelanggan mau mengisi survei tersebut, tapi pebisnis yang smart bisa memberi iming-iming seperti voucher atau promo. Dengan hal-hal sederhana ini, pelaku UMKM dapat membuat ekosistem pelanggan dan menjaring database pelanggan,” katanya.

Dua Aktivitas

Pada tahap pengelolaan database, ada dua aktivitas utama yang bisa dilakukan. Pertama, labeling atau memberikan tanda (tag) pada data pelanggan yang sudah diperoleh. Proses ini berguna untuk mengidentifikasi data pelanggan secara individu.

“Jika pebisnis mendapatkan data pelanggan lewat nomor WA, namai kontaknya dengan nama khusus, misalnya ‘Si Loyal’, ‘Si Telat Bayar’ dan lain-lain supaya lebih mudah mengarahkan promosi sesuai kategorisasinya,” katanya.

Dosen Universitas Pasundan sekaligus Peneliti Ekonomi Akuntansi Digital Budi Septiawan, S.E., M.Ak., MIM., CMA

Kedua, grouping atau pengelompokkan, yaitu aktivitas mengelompokkan data per kelompok dan per segmen konsumen. Grouping data dapat dibagi berdasarkan wilayah, usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat transaksi pembelian, dan seterusnya.

Mengambil Keputusan

UMKM memang tidak mempunyai sumber daya atau teknologi yang canggih dalam pengelolaan bisnisnya, namun keputusan bisnis harus tetap dilakukan agar UMKM dapat menentukan strategi dan berkembang.

“Jangan sampai UMKM beralasan tidak punya modal besar untuk berinvestasi di bidang IT. Apalagi sekarang banyak media teknologi yang gratis, murah, dan gampang digunakan,” lanjutnya.

UMKM bisa menggunakan Whatsapp untuk membuat grup konsumen, bahkan mengirim pesan secara otomatis, begitu pula email yang bisa digunakan untuk mengirim pesan custom dan sesuai keinginan. Beragam tool dari Google pun banyak menyediakan platform gratis seperti google formulir, google drive, google trends dan lainnya juga.

“Platform-plaform tersebut sering memberikan informasi mengenai data pelanggan yang sudah diolah. Bahkan beberapa platform memvisualisasikannya dalam bentuk diagram dan grafik,” tuturnya.

Informasi tersebut sangat berguna dalam pengambilan keputusan bisnis, seperti jumlah persediaan yang harus dimiliki, pelanggan mana yang harus diberi diskon, kapan mesti menghubungi suplier, atau layanan apa yang bisa diberikan.

“Di atas semua bentuk pengelolaan data dan teknologinya, pebisnis harus mampu bermitra dengan pelanggannya. Hadirkan rasa empati yang tinggi kepada para pelanggan, berikan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan,” tutupnya. (Reta)**

Post Views: 1,485
Pos Sebelumnya
BNI Serahkan Beasiswa Pendidikan Kepada 20 Mahasiswa Unpas
Pos Berikutnya
Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana Unpas Jalani Asesmen Lapangan Daring
100%
100%
Rektorat Universitas Pasundan
Email : rektorat@unpas.ac.id
Telepon : 622-2021440
Fax : 622-2021440
Alamat : Jl. Tamansari No.6-8 Kota Bandung
Media Sosial
Instagram
Facebook
X
TikTok
YouTube

Quick Link


> Pendaftaran Mahasiswa Baru
> Perpustakaan
> Berita Terkini
> Kehidupan Kampus
> Map Kampus

Lembaga Universitas


> Lembaga Penjaminan Mutu Internal
> Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat
> Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Syi'ar Islam
> Lembaga Budaya Sunda
> SPDPTIK
Kampus I
Telepon : 022-426222
Fax : 022-426222
Alamat : Jl. Lengkong Besar No.68
Kampus II
Telepon : 622-2021440
Fax : 622-2021440
Alamat : Jl. Tamansari No.6-8
Kampus III
Telepon : 022-7303049
Fax : 022-7303049
Alamat : Jl. Wartawan IV No.22
Kampus IV
Telepon : 022-2021440
Fax : 022-2021440
Alamat : Jl. Dr. Setiabudhi No.193
Kampus V
Telepon : 022-4210243
Fax : 022-4210243
Alamat : Jl. Sumatera No.41

© 2024 Universitas Pasundan – Webmaster All Rights Reserved – Privacy and Copyright

Universitas Pasundan